Pengertian Touchpad, Fungsi dan Cara Kerjanya

Daftar Isi
Touchpad

Touchpad pada laptop adalah perangkat yang tidak dapat dipisahkan dari laptop karena fungsinya yang sangat penting. Tanpa touchpad, penggunaan laptop bisa menjadi sedikit sulit, meskipun masih memungkinkan untuk menggunakan mouse sebagai alternatif.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan touchpad, beralih ke mouse mungkin terasa agak tidak nyaman. Meskipun secara fungsional touchpad dan mouse memiliki fungsi yang sama, bentuk dan cara kerjanya sedikit berbeda.

Touchpad dapat dianggap sebagai pengganti mouse yang banyak digunakan pada laptop. Namun, bukan hanya laptop yang menggunakan touchpad; banyak juga komputer desktop yang dilengkapi dengan touchpad portabel yang terhubung melalui kabel. Touchpad jenis ini sering digunakan oleh profesional di berbagai bidang, seperti penulis, desainer, dan lain-lain.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai touchpad.

Pengertian Touchpad

Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Touchpad memberikan bantuan khusus bagi pengguna untuk mengerjakan pekerjaan yang selalu mengandalkan mouse secara berlebihan. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah membuat nyaman pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempat yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer atau laptop dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula.

Fungsi Touchpad

Saat membahas fungsi touchpad, kita tidak bisa terlepas dari mouse, karena keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengendalikan pointer di layar monitor. Namun, kehadiran touchpad tidak bisa dipisahkan dari ide inovatif untuk menciptakan komputer portabel yang mudah dibawa. Komputer pada masa lalu dikenal besar dan berat, berbeda dengan komputer modern yang lebih ringan dan kompak.

Ide munculnya touchpad diprakarsai oleh Alan Kay dari Xerox, yang ingin menciptakan komputer portabel yang tidak bergantung pada sumber energi tetap. Artinya, perangkat ini harus memiliki sistem penyimpanan daya yang dapat menjamin kelangsungan penggunaan komputer. Ide ini muncul pada tahun 1970 dan sejak saat itu, pengembangan teknologi terus dilakukan untuk menciptakan berbagai inovasi dalam komputer portabel, termasuk ide untuk menggantikan fungsi mouse dengan touchpad.

Jenis Touchpad

Berikut adalah beberapa jenis dari touchpad yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Standard Touchpad

Jenis standard touchpad ini yang paling umum dan sering dijumpai di perangkat laptop. Umumnya jenis ini memiliki ukuran yang tidak lebih dari 40 cm² dan terletak menjadi bagian dari laptop itu sendiri.

Secara fungsi, jenis ini memiliki kesamaan dengan sebuah mouse yaitu dapat menjalankan perintah dan menggerakkan kursor pada layar monitor, namun yang menjadi pembeda adalah bentuknya yang datar yang terletak pada laptop dan sebagian jenis ini memiliki dua tombol.

2. Multi Touchpad

Multi touchpad merupakan jenis touchpad yang memiliki kesamaan pada touchpad pada umumnya, namun memiliki keunggulan tersendiri yakni pada sensor capacitance dapat membuat penggunakan laptop jadi lebih efisien dan efektif dalam melakukan setiap pekerjaan. Jenis ini memiliki beberapa fungsi diantaranya dapat diberikan berbagai perintah seperti memperbesar tampilan, menggeser layar secara horizontal maupun vertikal dan lain-lain.

3. Trackball Touchpad

Trackball touchpad memiliki fungsi yang sama dengan mouse, namun pada trackball dapat dilakukan dengan cara menggulirkan bola trackball dengan jari sebagai pengganti kursor pada touchpad. Jenis ini terdapat dua tombol yang sama seperti jenis touchpad lain yang berfungsi untuk menjalankan instruksi pada kursor oleh pengguna komputer.

Cara Kerja Touchpad

Touchpad bekerja dengan mendeteksi sentuhan jari melalui sensor kapasitif. Pergerakan jari tersebut diterjemahkan menjadi kode-kode fungsi yang dapat dipahami oleh sistem komputer.

Namun, cara kerja touchpad bisa mengalami masalah akibat hal-hal sepele, seperti penggunaan sarung tangan atau jari yang basah atau berkeringat. Masalah ini menunjukkan bahwa touchpad sangat sensitif dan bergantung pada pengukuran sensor kapasitif.

Ada dua metode utama yang digunakan untuk mendeteksi jari pada touchpad:

1. Metode Capacitance Shunt

Metode ini mendeteksi perubahan antara pengirim dan penerima yang terletak pada sisi yang berlawanan dari bidang sentuh. Pengirim menciptakan medan listrik dengan osilasi antara 3 hingga 300 kHz. Ketika jari manusia menyentuh area di antara pengirim dan penerima, potongan garis medan ini menurunkan nilai kapasitansi.

2. Metode Matrix Conductors

Metode ini melibatkan pemasangan banyak konduktor yang sejajar dalam dua lapisan yang dipisahkan oleh udara, dengan lapisan pertama tegak lurus terhadap lapisan kedua. Sinyal berfrekuensi tinggi dialirkan secara berurutan di antara dua dimensi matriks, menciptakan barisan konduktor.

Berikut adalah beberapa instruksi yang dapat dilakukan pada touchpad laptop:

Instruksi Satu Jari

  • Klik tunggal dengan sekali tap pada touchpad.
  • Pilih beberapa item dengan dua kali tap pada touchpad.
  • Klik di pojok bawah kanan touchpad untuk membuka akses.

Instruksi Dua Jari

  • Klik dua kali pada touchpad untuk menampilkan menu pop-up.
  • Tempelkan dua jari dan gerakkan jari dengan gesture melebar untuk memperbesar, atau mengecil untuk memperkecil.
  • Tempelkan dua jari kemudian lakukan gesture memutar untuk memutar objek pada layar.

Instruksi Tiga sampai Empat Jari

  • Tap tiga jari untuk menampilkan pilihan di sebelah kiri.
  • Tap empat jari untuk menunjukkan pemberitahuan di bilah sebelah kanan layar.
  • Tap tiga jari tanpa melepas dan tahan, lalu geser atau drag ke atas untuk melihat seluruh jendela yang sedang berjalan.
  • Tempelkan tiga jari, tahan, lalu geser ke arah kanan atau kiri untuk berpindah jendela secara instan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian touchpad. Semoga artikel ini membantu Anda memahami bagaimana touchpad ditemukan dan cara kerjanya. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui jenis touchpad apa yang sebaiknya Anda pilih saat membeli laptop baru. Kenyamanan touchpad sangat mempengaruhi pengalaman Anda saat menggunakan laptop. Jangan biarkan mood Anda terganggu hanya karena touchpad yang tidak nyaman digunakan.

Adanpedia
Adanpedia Hallo saya adalah penulis di blog riddlecloud.net. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis.

Posting Komentar